Semua

Semarakkan Momen Kebersamaan Dengan Kue Bawang

Setiap momen pasti selalu menyenangkan jika bisa dirayakan dengan berbagai macam kue. Walaupun bukan suatu hal yang wajib ada, namun dengan adanya kue tadi bisa menambah semarak suasana ketika berkumpul bersama orang terkasih. Terdapat banyak sekali jenis kue yang bisa kalian pilih salah satunya kue bawang. Kue yang satu ini memiliki rasa yang gurih dan membuat siapa pun yang memakannya bisa ketagihan terutama jika kalian penyuka rasa gurih.

Manfaat Bawang Bagi Kesehatan

Kue yang satu ini bahan utamanya tentu saja bawang, bawang yang digunakan disini yaitu bawang merah dan putih namun untuk ukurannya biasanya tergantung dari selera masing-masing orang. Salah satu bahan pembuatnya yaitu bawang merah. Mungkin bahan bawang merah ini merupakan bahan yang biasa menurut kalian, akan tetapi ternyata bahan yang satu ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat yang ada di dalamnya berfungsi untuk mencegah kanker, berguna membantu untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Rasa Gurih Kue Bawang

Bagi kalian yang belum pernah melihat secara langsung kue bawang pasti beranggapan bahwa kue ini memiliki bentuk seperti kue-kue pada umumnya. Namun bentuk sebenarnya dari kue ini berbentuk seperti kripik. Bentuk dari kue ini sebenarnya seperti camilan dan jika diperhatikan bentuknya seperti panjang hampir seperti korek api. Rasanya sangat gurih dan kalian bisa dengan mudah untuk menemukannya di toko-toko di sekitar rumah kalian.

Warna dari kue ini biasanya kecoklatan hal ini karena proses masaknya yang memang digoreng. Proses pemasakannya yang digoreng tentu saja membuat tekstur dari kue bawang ini menjadi renyah. Jadi jangan lagi membayangkan jika kue bawang ini seperti kue pada umumnya yang dipanggang.

Bahan Pembuat Kue Bawang

Bagi kalian yang ingin membuat kue ini sendiri di rumah tentu saja bisa terlebih lagi bahan dan proses pembuatannya yang mudah sangat bisa untuk dilakukan. Adapun beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat kue bawang adalah sebagai berikut.

  • Penyedap rasa 1 sdt namun jika kalian ingin hidup sehat bisa menggantinya dengan lada bubuk
  • Santan 120 ml
  • Mentega 2 sdm
  • Tepung tapioka 150 gram
  • Telur 2 butir jangan lupa untuk dikocok
  • Bawang merah 200 gram dan bawang putih 50 gram
  • Tepung terigu 500 gram
  • Daun seledri sebanyak 5 batang jangan lupa untuk diiris halus
  • Minyak dan garam secukupnya

Setelah bahan kalian persiapkan jangan lupa juga kalian memerlukan alat untuk membuat kue ini. Beberapa alat tersebut tentu saja akan sangat memudahkan kalian dalam mengolah semua bahan yang ada serta membentuknya menjadi bentuk kue bawang pada umumnya. Beberapa alat tersebut seperti blender untuk menghaluskan bumbu, rolling pin untuk membentuk adonan, pisau untuk memotong adonan dan wajan untuk menggoreng dan menumis.

Cara Membuat Kue Bawang

Kemudian jika bahan dan juga alat sudah kalian persiapkan semuanya maka langkah selanjutnya yaitu tahap pembuatan. Tahap ini sangat menentukan apakah kue yang kalian buat nantinya akan menjadi kue bawang yang enak atau tidak. Beberapa Tahap pembuatan dari kue bawang tersebut adalah sebagai berikut.

  • Hal pertama yang perlu kalian lakukan yaitu persiapkan blender. Blender ini nantinya kalian gunakan untuk menghaluskan bawang putih. Pada tempat yang berbeda kalian campurkan antara santan dan juga garam dan aduk hingga keduanya tercampur rata. Setelah kedua bahan itu tercampur maka masukan campuran santan tadi sedikit demi sedikit hingga semuanya tercampur rata setelah itu sisihkan.
  • Langkah selanjutnya siapkan bawang merah kemudian iris bawang. Setelah itu jangan lupa siapkan wajan untuk menumis bawang merah tadi. Tumis bawang merah hingga layu dan setelah layu masukan bahan lainnya seperti tepung tapioka, tepung terigu aduk hingga semuanya tercampur rata, buat adonan tadi sampai kalis. Usahakan untuk membuat adonan tadi jangan terlalu lembek, jika adonan pas maka akan lebih mudah untuk digiling nantinya.
  • Adonan yang sudah siap tadi kalian ambil kemudian giling menggunakan rolling pin. Usahakan untuk menggiling adonan berulang-ulang supaya tekstur adonan menjadi seperti lembaran halus. Biasanya setelah beberapa kali digiling adonan tersebut sudah menjadi halus. Ketika akan menggiling adonan jangan lupa untuk menaburi alas dengan tepung, hal ini dilakukan agar adonan tidak lengket kemudian kalian bisa memotong adonan kue bawang tadi sesuai dengan keinginan.
  • Kemudian panaskan wajan menggunakan api sedang, setelah api masak kalian bisa masukan adonan yang siap digoreng tadi. Ketika menggoreng usahakan untuk selalu menggunakan api sedang. Goreng kue tersebut hingga matang, jika kue sudah berwarna seperti kecoklatan maka kalian bisa langsung mengangkatnya. Setelah itu jangan langsung memasukkan kue bawang ke dalam toples melainkan taruh kue bawang tadi di tampah yang dialasi dengan kertas. Tunggu hingga minyaknya terserap dan kue menjadi dingin baru setelah itu kue bisa dimasukkan ke dalam toples.
Share