Semua

Mudahnya Membuat Dimsum Di Rumah

Di kala pandemi seperti saat ini, banyak sekali orang yang mengalami kesulitan. Virus Corona yang mulai diketahui dari akhir tahun 2019 ini ternyata sudah menyebar luas secara cepat. Hampir di setiap negara ada banyak orang yang terjangkit virus yang satu ini. Virus ini pun juga terbilang sangat bahaya, sebab bisa berdampak buruk pada tubuh hingga menyebabkan kematian. Efek yang mengerikan serta penyebaran yang sangat cepat dan masif jelas menjadikan setiap negara kewalahan dalam mengatasinya. Untuk itulah, perlu adanya kesadaran bari para warga untuk tetap menjaga diri agar tidak tertular. Menjaga kebersihan adalah kuncinya, salah satunya adalah pada makanan. Dengan mengonsumsi makanan buatan sendiri, tentu akan menurunkan resiko untuk tertular virus satu ini. Nah, bagi Anda yang saat ini bingung kira-kira masak apa, ada baiknya Anda mencoba membuat makanan dimsum.

Mengenal Dimsum Lebih Dekat

Sebelumnya, tahukah Anda apa itu dimsum? Dimsum sendiri adalah panganan khas dari kawasan Tiongkok. Dalam bahasa Mandarin, dimsum memiliki arti “menyentuh hati”, namun di bahasa Kantonis sendiri dimsum berarti “makanan kecil”. Awal mulanya, dimsum dijadikan sebagai camilan dan didampingi dengan teh. Ukurannya yang kecil jelas membuat tidak mudah kenyang sehingga bisa dinikmati dalam jumlah banyak. Namun, seiring berjalannya waktu, dimsum juga bisa dijadikan sebagai hidangan utama. Biasanya, dimsum akan disajikan pada keranjang pengukus berukuran kecil dengan hanya satu jenis dimsum saja. Ada beberapa jenis dimsum yang terkenal di dunia, termasuk Indonesia. Berikut adalah beberapa diantaranya.

  1. Har gow

Dimsum satu ini biasa disebut hakau. Dimsum yang satu ini biasanya berisi udang yang diselimuti oleh kulit dari tepung yang tipis dan transparan. Rasanya yang gurih dan kenyal jelas sangat nikmat di mulut.

  1. Phoenix Claw

Ini bukan cakar burung Phoenix sungguhan lho, namun hidangan ceker ayam. Ceker ini awalnya akan direndam di bumbu dan direbus. Selanjutnya, ceker akan dibaluri bumbu dan dikukus. Tekstur yang lembut serta bumbu yang sangat terasa menjadikannya sangat lezat.

  1. Char Siu Bao

Jenis dimsum yang ini sekilas sama seperti bakpao, hanya saja ukurannya lebih kecil. Dimsum ini bisa memiliki banyak jenis isian, mulai dari kacang, sayuran, atau beragam jenis daging tergantung selera.

  1. Shumai

Nah, mungkin Anda lebih mengenal panganan ini dengan nama siomay. Meskipun begitu, shumai memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan siomay dari Bandung. Biasanya shumai terbuat dari campuran daging ayam dan udang dengan tambahan tepung kanji, lalu diselimuti oleh kulit pangsit.

Resep Membuat Dimsum Di Rumah

Nah, setelah Anda mengetahui beberapa jenis dimsum, sekarang kita akan masuk ke bahasan mengenai resep yang bisa dibuat. Kali ini kita akan memasak shiumai. Berikut adalah beberapa langkahnya.

  1. Siapkan terlebih dahulu bahannya. Anda akan membutuhkan 24 lembar kulit pangsit siap pakai, 150 gr daging ayam, 50 gr udang, 50 gr jamur kuping, sebuah wortel, sebatang daun bawang, 1 sendok teh minyak wijen, 3 sendok makan tepung kanji, garam, gula,, dan merica secukupnya

 

  1. Cincang ayam, udang, jamur kuping, dan daun bawang sampai halus. Kemudian campurkan semuanya dan bumbui dengan garam, gula, merica, dan minyak wijen.
  2. Tambahkan tepung kanji pada adonan lalu uleni adonannya.
  3. Masukkan adonan tersebut pada kulit pangsit. Pastikan kulit terisi adonan namun tidak sampai meluber. Satukan tiap ujung kulitnya dan tambahkan parutan wortel di bagian atas
  4. Masukkan shumai pada panci kukusan dan kukus selama 15 menit lamanya.
  5. Sajikan shumai pada piring. Anda bisa menyajikannya dengan beragam jenis saus yang Anda inginkan.

Itulah tadi resep praktis untuk membuat dimsum sendiri di rumah. Selamat mencoba ya!

Share Button