Semua

Makna 7 Lauk yang Ada pada Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng karakter menjadi salah satu hal yang identik dengan perayaan. Nasi tumpeng kerap hadir dalam acara selamatan, keagamaan, reuni. Adat serta ulang tahun. Bahkan, nasi tumpeng juga selalu hadir di Hari Kemerdekaan Indonesia. Jika didasarkan pada sejarah, nasi tumpeng merupakan salah satu bentuk yang digunakan untuk memuliakan gunung dan berbagai tempat yang dipercaya sebagai tempat arwah nenek moyang mereka.

Mengenal Nasi Tumpeng Lebih Dalam

Nasi tumpeng sendiri memiliki bentuk kerucut menyerupai gunung. Hal ini dihubungkan erat dengan alam Indonesia yang kebanyakan dipenuhi oleh perbukitan dan juga gunung. Arti dari kata “Tumpeng” sendiri adalah ucapan rasa terima kasih dan syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa. Jika dilihat dari bentuk dan komponennya, nasi tumpeng mengandung banyak lauk pauk yang menghiasi nasi tumpeng tersebut. Lauk pauk ini ternyata tidak hanya menambahkan cita rasa lezat saja, akan tetapi juga memiliki makna filosofi mendalam yang bermanfaat bagi masyarakat.

Salah satu dosen sastra Jawa menyebutkan bahwa nasi tumpeng karakter sendiri menjadi salah satu bentuk hubungan antara manusia dengan Tuhan dan sesama manusia. Dalam masyarakat Jawa, nasi tumpeng sendiri merupakan akronim yang memiliki kepanjangan “yen metu kudu mempeng” yang memiliki arti “jika akan keluar, harus benar-benar semangat. Ini menunjukkan bahwa manusia diharuskan memiliki rasa semangat, fokus, serta tidak mudah putus asa.

Makna Lauk Pada Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng sendiri ditata mengerucut dengan 7 lauk yang ada di pinggiran nasi tersebut. 7 macam lauk ini menunjukkan angka pitu (tujuh) yang berarti pitulungan (pertolongan). Berikut ini makna dari masing-masing makanan tersebut:

  1. Nasi putih

Awalnya, nasi tumpeng disajikan dalam bentuk nasi putih saja. Akan tetapi saat ini sudah bervariasi dengan menyajikan nasi kuning dan nasi uduk. Makna dari nasi putih sendiri adalah masyarakat makan dengan berasal dari sumber yang bersih dan halal.

  1. Ayam

Salah satu lauk yang disajikan dalam nasi tumpeng adalah ayam. Selain memiliki harga yang terjangkau, daging ayam juga memiliki makna tersendiri dalam nasi tumpeng. Ya, dalam hal ini masyarakat diharapkan untuk menjauhkan diri dari sifat ayam yang cenderung sombong, egois, dan menyela pembicaraan.

  1. Ikan lele

Selain menyajikan lauk daging ayam, ikan lele juga menjadi salah satu menu lauk yang ada di dalam nasi tumpeng. Lele sendiri memberikan makan keuletan dan ketabahan dalam menjalani hidup. Hal ini sesuai dengan sifat ikan lele yang dapat hidup di air lumpur dan tidak mengalir.

  1. Ikan teri

Ikan kecil yang satu ini juga menjadi salah satu menu lauk yang ada di sekeliling nasi tumpeng. Ikan ini disimbolkan sebagai kerukunan dan kebersamaan. Ya, hal ini sesuai dengan ikan teri yang suka hidup berkelompok dan rukun satu sama lain.

  1. Telur

Telur yang menjadi salah satu lauk favorit di kehidupan sehari-hari juga wajib hadir di hidangan nasi tumpeng. Telur sendiri digambarkan sebagai manusia yang memiliki kesamaan fitrah. Telur akan dimasak dan dikupas kulitnya menunjukkan bahwa segala sesuatu yang akan dilakukan butuh perencanaan sehingga terjalin dengan sempurna.

  1. Sayur urap

Sayur ini terdiri dari bayam, kangkung, tauge, kacang panjang, serta bumbu parutan kelapa ini memiliki makan yang cukup mendalam. Kangkung menggambarkan makna melindungi, bayam memiliki makna sentosa. Tauge memiliki makna tumbuh dan berkembang, kacang panjang memiliki makna pemikiran masa depan, serta bawang merah menyimbolkan pertimbangan yang matang. Sedangkan bumbu urap sendiri memiliki makna hidup.

  1. Cabai merah

Cabai merah memiliki makna yang melambangkan api sehingga dapat memberikan penerangan dan banyak manfaat bagi masyarakat.

Demikian di atas merupakan beberapa makna yang dapat Anda temukan di lauk nasi tumpeng. Saat ini Anda juga dapat menemukan nasi tumpeng karakter yang dibuat dengan berbagai karakter lucu kesukaan anak-anak.

Share Button