Semua

Makanan Khas Kota Solo

Bila berbicara mengenai makanan yang ada di Indonesia tentu saja tidak akan pernah ada habisnya. Jika Semarang punya lumpia maka salah satu kota di Jawa Tengah lainnya juga memiliki jajan khasnya yaitu Sosis Solo. Makanan yang satu ini hampir mirip dengan lumpia namun yang membedakan yaitu kulit luarnya lembut dan isi yang ada di dalamnya menggunakan daging sapi maupun daging ayam.

Adopsi Dari Makanan Zaman Belanda

Makanan ini sebenarnya muncul tidak terlepas dari peranan Belanda. Terdapat beberapa sumber yang mengatakan bahwa makanan ini merupakan versi lokalnya atau adopsi dari sosis pada masa Belanda waktu itu. Racikan bumbu dan juga rasa dari sosis tersebut kemudian disesuaikan dengan lidah warga Solo sehingga terciptalah Sosis Solo seperti saat ini.

Banyak orang yang mengetahui jika Sosis Solo merupakan jenis makanan yang digoreng. Namun sebenarnya Sosis Solo ini memiliki dua jenis yaitu yang digoreng dan juga yang dikukus atau yang lebih dikenal dengan Sosis Solo Basah. Kedua varian tersebut memang memiliki ciri khasnya masing-masing namun kebanyakan dari kalian pasti lebih mengenal Sosis Solo goreng.

Seiring berkembangnya zaman Sosis Solo ini mengalami perubahan isi karena banyak orang yang mengkreasikannya. Bahan isian Sosis Solo selain ayam suwir banyak orang yang mengkreasikannya dengan campuran tahu. Biasanya isian dengan campuran tahu ini menjadi pilihan beberapa orang ketika ingin membuat Sosis Solo versi ekonomis.

Rasanya yang enak dan lezat membuat makanan yang satu ini mudah diterima oleh semua kalangan masyarakat. Maka tidak mengherankan jika kalian akan mudah menemukan makanan ini dalam setiap acara yang ada. Makanan ini juga sangat mudah untuk dibuat sehingga bagi kalian yang ingin berwirausaha makanan namun tidak pandai memasak bisa memulainya dengan membuat Sosis Solo ini.

Resep Mudah Membuat Sosis Solo

Bagi kalian yang tidak tahu bagaimana cara membuat Sosis Solo berikut ini adalah bahan serta cara pembuatan yang bisa kalian ketahui. Untuk bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bagian luarnya alias kulit dari Sosis Solo tersebut sebagai berikut.

  • Telur ayam butir
  • Tepung terigu 300 gram
  • Margarin 30 gram jangan lupa dicairkan
  • Garam sdt
  • Santan encer 400 cc

Untuk santan encer jika kalian tidak memilikinya maka bisa diganti dengan menggunakan air. Penggantian bahan dengan air ini bisa kalian lakukan jika ingin lebih ekonomis tentunya. Selain bahan pembuat isi kalian juga memerlukan bahan lainnya yaitu bahan isian. Untuk isi bahan yang kalian perlukan sebagai berikut.

  • Ayam giling 300 gram
  • Bawang merah 2 buah jangan lupa dihaluskan
  • Bawang putih 1 buah dihaluskan
  • Merica bubuk ½ sdt
  • Gula pasir 2 sdm
  • Margarin 1 sdm atau minyak secukupnya untuk menumis
  • Santan 100 cc
  • Garam secukupnya

Kemudian untuk bahan yang digunakan untuk mencelupkan Sosis Solo pada saat akan digoreng kalian memerlukan 2 butir telur yang dikocok. Kemudian jangan lupakan juga minyak untuk menggoreng Sosis Solo tersebut. Usahakan untuk menyediakan cukup minyak sehingga ketika menggoreng Sosis tersebut masuk seluruhnya ke dalam minyak sehingga matang lebih merata.

Cara Pembuatan Sosis Solo

Setelah semua bahan telah selesai kalian persiapkan maka masuk ke dalam tahap selanjutnya yaitu tahap pembuatan. Tahap ini sangat penting untuk kalian perhatikan, jika mengikuti tahap-tahap ini tentu saja Sosis Solo yang dihasilkan lebih maksimal. Terdapat beberapa langkah yang harus kalian perhatikan dan langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.

  • Langkah pertama yaitu kalian perlu membuat adonan kulitnya terlebih dahulu. Campurkan beberapa bahan seperti tepung, telur dan juga garam kemudian aduk semua bahan tersebut hingga merata. Setelah itu jangan lupa untuk memasukkan santan perlahan-lahan dan aduk semuanya hingga tidak ada bagian yang terlihat menggumpal. Jika masih ada bagian yang seperti itu maka aduk terus hingga adonan tercampur secara sempurna. Setelah tercampur rata maka campurkan mentega cair tadi sampai benar-benar tercampur. Kemudian kalian ambil wajan yang digunakan untuk membuat kulit jangan lupa tuangkan sedikit minyak. Ambil adonan kira-kira seukuran sendok sayur yang kecil, buat kulit tipis dan ulangi hal tersebut sampai adonan habis.
  • Kemudian untuk membuat isiannya kalian perlu menumis bahan yang diperlukan. Bahan-bahan yang diperlukan seperti bawang putih, bawang merah yang telah dihaluskan tadi dan tumis sampai mengeluarkan aroma yang harum kemudian baru masukan ayamnya. Jangan lupa beri berbagai macam bumbu agar rasanya lebih nikmat seperti garam, gula, merica bubuk, santan dan masak hingga matang.
  • Setelah isian matang kemudian ambil satu lembar kulit dan isi dengan isian yang telah dibuat tadi sebanyak satu sendok saja. Kemudian gulung kulit dan isian tadi jangan lupa juga beri perekat pada ujungnya, bisa menggunakan putih telur maupun menggunakan sisa adonan kulit tadi. Ulangi hal itu sampai kulit dan isian habis. Kemudian Sosis Solo yang akan digoreng masukan terlebih dahulu ke dalam bahan pencelup yang telah disiapkan tadi dari telur yang dikocok lepas. Jangan lupa panaskan wajan dan setelah panas goreng Sosis Solo hingga matang. Jika warna sudah berubah menjadi keemasan berarti sosis sudah matang dan siap untuk diangkat.

Jadi itulah cara membuat Sosis Solo sangat sederhana dan mudah bukan. Kalian bisa belajar resep masak yang bagus untuk membuat ini dengan lebih mudah dan cepat tentunya. Jika kalian berencana menjual Sosis Solo buatan kalian maka hitung benar biaya yang dibutuhkan untuk membuat Sosis Solo ini agar nantinya kalian bisa menjual sosis buatan kalian dengan harga yang tepat.

Share