Semua

Makan Jengkol Takut Bau? Ini Tipsnya Untuk Anda

Tips Makan Jengkol Agar Tidak Bau

Tips Makan Jengkol Agar Tidak Bau – Ketika mendengar jengkol, reaksi bagi sebagian besar orang akan langsung menutup mulut dan hidung serta enggan untuk mengkonsumsinya. Hal ini dikarenakan jengkol menimbulkan aroma yang tidak sedap pada mulut dan air seni ketika sudah mengkonsumsinya layaknya ketika Anda mengkonsumsi petai. Oleh karena itu, saat ini banyak sekali tips makan jengkol agar tidak bau yang bisa Anda jumpai, agar setiap orang bisa mencicipi kelezatan dari makanan yang banyak dibenci ini.

Jengkol sendiri adalah jenis tanaman khas yang hidup di wilayah Asia Tenggara, salah satunya bisa Anda jumpai di Indonesia. Diketahui bahwa pohon jengkol ini bisa hidup di mana saja secara liar, sehingga bagi orang yang membudidayakannya, biasanya tidak memerlukan perawatan yang khusus. Bahkan pohon jengkol ini mampu tumbuh besar dan tinggi hingga mencapai 20 meter. Sedangkan bijinya ini lah yang banyak dimanfaatkan orang untuk dikonsumsi, seperti dijadikan keripik jengkol, semur jengkol, maupun jengkol balado.

Penyebab Makan Jengkol Timbulkan Bau

Ini lah alasan terbesar keengganan orang untuk mengkonsumsi jengkol, walaupun dengan menu yang dioleh seistimewa mungkin. Yakni karena bau yang ditimbulkan melalui mulut dan juga air seni. Sehingga, setelah mengkonsumsi jengkol dikhawatirkan menjadi tidak percaya diri ketika sedang berbicara dengan orang lain. Diketahui bahwa pada buah jengkol ini mengandung senyawa sulfur yang bernama djengkolic acid atau asam jengkol. Di mana asam jengkol ini terdiri dari asam amino dan sistein. Dan melalui asam inilah yang kemudian bisa menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Kandungan Vitamin Dalam Jengkol

Walaupun terkenal dengan baunya yang tidak sedap, namun jengkol mengandung banyak zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda. Diantaranya berupa karbohidrat, protein, dan vitamin. Ada beberapa kandungan vitamin yang dimiliki oleh buah jengkol ini. Diantaranya adalah vitamin A yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata serta mampu meningkatkan ketajaman mata Anda.

Lalu ada kandungan vitamin B di dalam buah jengkol yang berupa vitamin B1 dan B2. Di mana vitamin B1 dapat mendukung kesehatan akan saraf Anda. Sedangkan vitamin B2 bermanfaat untuk bisa menjaga kesehatan pada organ mata dan kulit Anda.

Selain itu, juga terdapat vitamin C yang memiliki peran penting untuk memenuhi kebutuhan akan antioksidan di tubuh Anda. Di mana antioksidan sangat baik untuk mencegah dari radikal bebas yang berisiko menyebabkan penyakit kanker.

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Dengan mengkonsumsi buah jengkol, ada banyak manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. Diantara manfaat jengkol tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Mencegah Penyakit Anemia

Kekurangan sel darah merah atau anemia ini bisa membuat tubuh Anda menjadi lemas. Dan diketahui bahwa buah jengkol mengandung zat besi yang tinggi. Di mana zat besi ini sangat baik untuk mencegah kurangnya produksi sel darah merah di tubuh Anda. Jadi, Anda bisa mengkonsumsinya untuk mencegah anemia atau untuk mengatasi anemia yang Anda derita.

  1. Mencegah Terjadinya Tulang Keropos

Penyakit osteoporosis adalah penyakit yang menyerang tulang Anda. Dan di dalam buah jengkol ini mengandung kalsium serta fosfor yang baik untuk kesehatan tulang Anda. Jadi, dengan mengkonsumsi buah jengkol dengan jumlah yang tidak berlebih bisa mencegah kekeroposan pada tulang Anda.

  1. Mencegah Dari Penyakit Kronis

Dengan mengkonsumsi buah jengkol, maka akan bisa mencegah Anda dari berbagai penyakit kronis yang menyerang. Seperti penyakit kanker, jantung, dan diabetes.

Akibat Makan Jengkol Terlalu Banyak

Jengkol memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. Namun, dengan syarat dengan mengkonsumsinya dalam jumlah yang secukupnya saja. Dan ketika Anda mengkonsumsi jengkol dalam jumlah yang berlebih, maka ada akibat yang bisa ditimbulkan untuk tubuh Anda. Salah satunya mengalami keracunan jengkol karena adanya kandungan asam jengkolat di dalam biji jengkol.

Gejala dari keracunan jengkol ini berupa muntah, nyeri perut, dan adanya darah yang terdapat di urin. Yang mana jika semakin serius, maka bisa membuat terjadinya gagal ginjal .

Tips Makan Jengkol Agar Tidak Bau

Bagi Anda pecinta makanan jengkol, maupun Anda yang penasaran untuk mencicipi jengkol, namun khawatir akan baunya yang tidak sedap. Hal tersebut bisa Anda atasi dengan berbagai hal, baik dari cara memasaknya maupun cara menghilangkan baunya setelah Anda mengkonsumsinya. Berikut adalah tips makan jengkol agar tidak bau.

  1. Merendam Selama Semalaman

Anda bisa merendam jengkol yang masih dalam kondisi mentah selama semalaman. Di mana bau jengkol selama direndam akan keluar dan Anda bisa mengganti airnya jika sudah kotor dengan air baru yang bersih.

  1. Merebus Sampai Matang

Dengan melakukan perebusan pada buah jengkol sampai benar-benar matang, maka hal tersebut bisa mengurangi baunya. Jika sudah matang, maka Anda bisa membuang air bekas rebusannya dan melakukan pembilasan pada buah jengkol sampai bersih.

  1. Merendam Dengan Air Beras

Anda bisa menghilangkan bau pada buah jengkol dengan merendamnya di air beras. Di mana ketika Anda mencuci beras, sisihkan airnya untuk merendam jengkol tersebut selama beberapa jam. Namun sebelum Anda merendamnya, buah jengkol harus dikupas terlebih dahulu.

  1. Meminum Kopi Hitam

Anda yang masih merasakan aroma tidak sedap setelah makan jengkol, maka coba lah untuk meminum secangkir kopi hitam. Di mana kopi hitam memiliki aroma yang lebih kuat dan bisa membantu menghilangkan bau mulut akibat jengkol.

  1. Meminum Soda

Anda juga bisa mengandalkan minuman soda setelah makan jengkol. Karena minuman ini bisa membersihkan rongga mulut dan gigi Anda dari aroma jengkol yang tidak sedap tersebut.

Jadi, buah jengkol yang identik dengan baunya yang menyengat tersebut, juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan dengan jumlah konsumsi yang tidak berlebihan. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan tips makan jengkol agar tidak bau ini yang membuat Anda tidak khawatir lagi untuk menyantap sajian dari buah jengkol.

Share Button