Kuliner Khas Lubuk Linggau

Kuliner Khas Lubuk Linggau – Lubuk Linggau merupakan salah satu kota yang berada di Sumatera Selatan. Biasanya jika ada wisatawan yang pergi ke Palembang atau Bengkulu maka akan mampir ke Kota ini. Anda bisa mencoba berbagai macam hidangan atau kulinernya yang khas dari kota ini. Berikut adalah beberapa kuliner yang bisa Anda coba.

Contoh Kuliner Khas Lubuk Linggau yang Spesial

  • Lenggang

Kuliner khas pertama yang bisa Anda coba adalah lenggang. Lenggang ini menggunakan telur ayam untuk bahan utamanya. Cara untuk menghidangkannya juga hampir sama dengan pempek Palembang, yaitu menggunakan cuka. Cara untuk memasak atau membuat hidangan ini yaitu dengan cara digoreng atau dipanggang. Jika ingin dipanggang maka akan dibungkus terlebih dulu dengan daun pisang.

Kuliner Khas Lubuk Linggau

Hidangan yang satu ini memiliki cita rasa yang gurih ketika dipanggang. Terutama karena menggunakan daun pisang untuk pembungkusnya. Lenggang ini biasanya akan banyak Anda temukan ketika bulan puasa karena juga bisa dinikmati untuk berbuka.

  • Lempok durian

Untuk Anda yang menyukai durian, maka bisa mencoba hidangan ini karena berasal dari durian. Jika Anda lihat dengan sekilas, maka lempok ini memang mirip juga dengan dodol Betawi. Akan tetapi lempok ini menggunakan durian asli atau utuh sebagai bahan utamanya. Selain itu juga menggunakan garam dan gula merah untuk tambahan campurannya.

Biasanya hidangan ini akan cocok sebagai hidangan penutup atau pencuci mulut. Rasa dari kuliner ini cukup legit dan manis. Banyak juga wisatawan yang menjadikan lempok durian ini untuk oleh-oleh.

  • Pempek

Selain menjadi hidangan khas dari Palembang, ternyata pempek juga bisa menjadi hidangan khas dari Lubuk Linggau. Pempek yang terkenal karena terbuat dari campuran tepung tapioka dengan ikan tenggiri ini memiliki banyak sekali isian. Mulai dari telur, daging dan juga ikan.

Pempek akan sangat mudah Anda temukan di warung-warung Lubuk Linggau. Anda juga bisa pesan kuliner khas Lubuk Linggau ini melalui catering. Penyajiannya akan dengan kuah cuka dan potongan mentimun.

  • Stick Lubuk Linggau

Untuk Anda yang menyukai camilan, maka kuliner khas dari Lubuk Linggau ini akan sangat cocok Anda coba. Stik Lubuk Linggau ini akan sangat cocok Anda santap kapan saja dan dimana saja. Anda juga bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Bahkan stik ini memiliki berbagai macam rasa. Mulai dari bayam, ubi ungu, wortel dan lain sebagainya.

Baca juga : Nasi Tumpeng Jakarta Pusat

  • Kemplang

Lubuk Linggau juga memiliki kerupuk yang bisa Anda jadikan oleh-oleh di rumah. Kerupuk tersebut bernama kemplang yang terbuat dari bahan ikan. Jenis ikan yang biasanya digunakan adalah ikan tenggiri. Namun juga ada yang menggunakan ikan gabus sehingga tampilan kerupuknya akan lebih putih dan bersih.

Bahan campuran yang digunakan adalah tepung tapioka dan juga penyedap rasa. Bahannya hampir sama untuk membuat pempek. Cara pembuatannya dengan dibakar. Kemplang ini cukup mudah Anda temukan. Bahkan ada juga yang jual kuliner khas Lubuk Linggau ini ketika masih mentah. Sehingga akan lebih tahan lama bila Anda gunakan sebagai oleh-oleh.

  • Burgo

Burgo adalah hidangan yang terbuat dari tepung beras dan tepung sagu. Selain itu juga bisa menggunakan tepung tapioka dengan saus cabai dan santan. Santan yang digunakan sudah ditambahkan dengan bawang putih, ketumbar dan daun salam. Makanan bisa Anda nikmati sebagai camilan atau juga bisa untuk makanan utama. Biasanya akan cocok jika disajikan dengan hidangan jenis ikan.

Burgo ini akan terasa kenyal ketika Anda makan. Cita rasanya sedikit asam sehingga akan kurang cocok jika Anda memiliki penyakit lambung. Hidangan ini banyak Anda temukan pada tempat oleh-oleh khas Lubuk Linggau.

  • Sambal kabau

Kabau termasuk dalam buah-buahan yang banyak Anda temukan di Lubuk Linggau. Buah ini memiliki bentuk yang lonjong dengan warna hijau. Aromanya juga cukup khas seperti jengkol atau petai. Kabau ini banyak digunakan untuk campuran sambal. Namun sebelumnya harus digoreng kemudian dihancurkan halus atau kasar.

Sambal ini biasanya akan dimasak dengan hasil yang basah karena adanya tambahan berupa tomat atau buah cung. Kabau biasanya juga dijadikan campuran untuk hidangan tumisan. Selain itu juga sangat cocok bila Anda sajikan dengan gulai ikan tempoyak. Anda bisa mendapatkan kuliner khas Lubuk Linggau murah ini dengan mudah.

  • Tempoyak

Tempoyak adalah hidangan yang berasal dari durian dimana akan difermentasi selama 3 hingga 5 hari. Tempoyak ini sebenarnya adalah ide masyarakat untuk memanfaatkan durian yang ada dalam jumlah banyak. Durian yang digunakan adalah durian yang sudah matang dan kadar airnya cukup tinggi.

Tempoyak ini bahkan bisa disajikan bahan dasar untuk olahan makanan yang lain. Seperti untuk ikan patin yang diolah menjadi sambal atau pepes. Rasa dari tempoyak ini cukup asam sehingga Anda lebih baik menghindari untuk memakannya secara langsung.

  • Roti Koing

Roti yang satu ini juga banyak disebut dengan roti raden. Bentuknya bulat dan teksturnya sedikit keras. Rasa dari roti ini tawar sehingga akan lebih cocok jika Anda nikmati dengan kopi, susu, atau teh hangat. Ketika bulan puasa, roti ini akan banyak Anda temukan pada pasar tradisional. Roti ini juga memiliki harga yang terjangkau.

  • Ikan Salai

Kuliner khas Lubuk Linggau yang terakhir adalah ikan salai. Ikan salai ini juga sama dengan ikan asap sehingga akan lebih awet jika Anda bawa pulang. Jenis ikan yang digunakan seperti ikan gabus, ikan patin, baung dan ikan lais.

Share Button