7 Hidangan Untuk Berbuka Puasa yang Gampang Dimasak

Hidangan Untuk Berbuka Puasa – Ketika bulan Ramadhan tiba dan semua umat muslim melakukan puasa, hal yang juga sangat ditunggu adalah ketika berbuka puasa. Saat berbuka puasa memang menjadi hal yang cukup dinantikan karena sebagai bentuk rasa syukur setelah seharian berpuasa. Terutama jika momen berbuka puasa tersebut kamu lakukan dengan keluarga.

Rasa haus dan lapar seharian setelah berpuasa akan terbayar dengan mencicipi hidangan yang enak. Akan tetapi akan lebih baik jika Anda tidak hanya mengonsumsi makanan yang enak saja melainkan juga sesuai dengan nutrisinya. Tujuannya agar nanti ketika Anda harus berpuasa lagi bisa membantu untuk mengisi atau menggantikan tenaga yang digunakan.

Hidangan Untuk Berbuka Puasa

Berbagai jenis makanan dengan rasa yang manis, gurih, asam atau pedas bisa Anda konsumsi asalkan sesuai dengan porsinya dan juga bernutrisi. Berikut adalah beberapa daftar hidangan berbuka puasa yang bisa Anda nikmati.

Berbagai Macam Hidangan Untuk Berbuka Puasa

  1. Sayur bayam

Hidangan pertama yang bisa Anda masak dan sajikan untuk menu berbuka puasa adalah sayur bayam. Sayur bayam ini sangat cocok untuk disajikan sebagai menu berbuka puasa karena bisa memberikan rasa yang segar setelah berpuasa seharian. Selain itu asupan berupa sayuran juga menjadi bahan makanan yang penting untuk disajikan sebagai menu berbuka puasa.

Anda bisa menggunakan bayam saja sebagai bahan utamanya atau juga bisa ditambahkan dengan berbagai macam sayuran lainnya. Contohnya wortel, jagung manis atau kacang panjang agar lebih menambah nutrisi dari berbagai macam sayuran yang Anda gunakan.

  1. Terong kecap

Inspirasi hidangan untuk berbuka puasa selanjutnya adalah terong kecap. Menu sayuran tidak hanya bisa Anda olah menjadi menu yang berkuah saja. Anda juga bisa menggunakan sayuran untuk diolah menjadi tumisan yang enak yaitu terong kecap.

Sayur terong bisa Anda olah dengan bumbu kecap agar memberikan cita rasa manis. Menu ini sangat cocok untuk disantap dengan sayur bayam yang segar terutama jika Anda memang menyukai rasa manis dari hidangan.

  1. Empal manis

Selain menu dalam bentuk sayuran, Anda juga membutuhkan menu makanan yang mengandung protein hewani yaitu bisa daging seperti menu empal manis. Untuk menambah sumber energi ketika Anda berpuasa maka juga dibutuhkan sumber tenaga dari hewani yaitu daging. Daging tersebut bisa Anda manfaatkan untuk dibuat menjadi menu empal.

Menu empal ini tentunya juga akan sangat cocok digunakan sebagai lauk pendamping untuk dinikmati bersama sayur bayam yang segar. Daging sapi harus Anda haluskan terlebih dahulu kemudian dicampurkan dengan berbagai macam bumbu khas empal. Daging yang sudah rata dengan bumbu selanjutnya akan dibentuk menjadi bulat pipih dan digoreng hingga kecokelatan dan garing di bagian luarnya.

  1. Singkong gula merah

Selain makanan berat, ketika berpuasa memang disarankan untuk mengonsumsi makanan yang manis. Makanan manis tersebut bisa dikonsumsi baik sebelum atau sesudah makan berat. Salah satu yang bisa Anda sajikan sebagai ide hidangan untuk berbuka puasa sebelum makan berat adalah singkong gula merah.

Sesuai dengan namanya, singkong ini dimasak dengan campuran gula merah sehingga sangat cocok untuk dihidangkan sebagai menu pembuka berbuka puasa yang manis. Pertama singkong akan direbus terlebih dahulu hingga benar-benar lunak dan empuk kemudian akan dimasukkan campuran gula merah dan gula putih yang sebelumnya sudah dimasak terlebih dahulu.

Jika sudah tercampur hingga rata, kemudian campurkan larutan 2 sendok makan tepung maizena dan masak hingga air surut dan mengental menjadi seperti saus gula merah. Jangan lupa untuk menambahkan pandan agar aromanya lebih wangi.

Rekomendasi : Nasi Tumpeng Enak di Jakarta

  1. Puding coklat dan susu

Selain menu singkong gula merah yang manis dan cocok untuk digunakan sebagai menu pembuka, ada juga puding coklat dan susu yang juga bisa Anda gunakan. Selain makan makanan yang manis ketika berbuka puasa, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang segar dan manis sebagai menu pembuka puasa.

Salah satunya adalah puding coklat dan susu. Puding ini menjadi menu yang sangat mudah untuk dibuat sehingga juga tidak dibutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya.

Bahan yang biasanya Anda perlukan adalah bubuk agar-agar, susu, gula, santan jika perlu, coklat bubuk atau coklat cair. Semua bahan tersebut tinggal Anda masak menjadi satu dan diamkan hingga mengeras.

Akan lebih nikmat jika Anda menyimpannya di dalam kulkas hingga dingin. Menu ini juga bisa Anda kreasikan dengan berbagai macam tambahan toping seperti fla, buah-buahan hingga dimakan dengan biskuit. Semua orang terlebih anak-anak pasti akan menyukai puding yang Anda buat tersebut.

  1. Sambal

Daftar hidangan untuk berbuka puasa selanjutnya yang juga tidak boleh ketinggalan adalah sambal. Orang Indonesia khususnya sudah pasti belum lengkap rasanya jika makan menggunakan sambal. Karena selain memberikan cita rasa yang nikmat, makanan pedas juga memang disukai banyak orang.

Sambal juga hadir dengan berbagai macam jenis yang bisa Anda sesuaikan. Mulai dari sambal bajak, sambal matah, sambal ijo, sambal balado, sambal bawang dan lainnya. Anda juga bisa menambahkan berbagai campuran lainnya pada sambal tersebut seperti teri dan pete untuk membuatnya lebih segar dan nikmat.

  1. Rawon

Rawon ternyata juga bisa Anda gunakan sebagai menu untuk berbuka puasa. Menu rawin ini bisa memberikan tambahan energi untuk Anda karena adanya daging di dalamnya. Jangan lupa untuk menambahkan sambal dan sedikit perasan jeruk nipis agar rasanya lebih segar dan enak.

Ada banyak sekali hidangan untuk berbuka puasa yang bisa Anda coba dan Anda pesan melalui catering jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk memasaknya sendiri.

 

 

 

Share Button